I.
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Indonesia
sebagai negara agraris yang memiliki kekayaan alam dan hayati sangat beragam
jika dikelola dengan tepat, kekayaan tersebut mampu diandalkan menjadi andalan
perekonomian nasional. Kondisi agroklimat diwilayah Indonesia sangat sesuai
untuk pengembangan komoditas tropis dan sebagian sub tropis pada ketinggian
antara nol sampai ribuan meter di atas permukaan laut. Komoditas pertanian
(mencakup tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan,
agrofarmaka dan perikanan) dengan keragaman dan keunikannya yang bernilai
tinggi serta diperkuat oleh kekayaan kultural yang sangat beragam mempunyai
daya tarik kuat sebagai Wisata Agroindustri. Keseluruhannya sangat berpeluang
besar menjadi andalan dalam perekonomian Indonesia yang berkaitan dengan
manajemen agribisnis.
Manajemen
agribisnis adalah kegiatan dibidang sektor pertanian yang menggunakan
prinsip-prinsip dalam pelaksanaan bisnis. Dalam bidang sektor pertanian
kegiatan agribisnis didasari oleh penyediaan sarana produksi, proses produksi,
penanganan dan pemasaran produk tersebut ke konsumen. Manajemen agribisnis
memiliki karakteristik agribisnis yang berbeda dengan bisnis atau sektor
ekonomi yang lain, tidak hanya dari teori ekonomi dan teori pengambilan
keputusan saja yang digunakan tetapi lebih tepat jika disebut sebagai manejerial
ekonomi. Manajemen dalam agribisnis mempunyai sifat produk pertanian yang
sangat bergantung pada musim, mudah rusak, dan produksinya melibatkan banyak
petani yang berlahan sempit dan bermodal sangat terbatas. Sebagian besar waktu
yang dimiliki seorang manajer digunakan untuk mengambil keputusan. Pengambilan
keputusan yang tepat merupakan inti keberhasilan agribisnis.
Kemajuan
pertanian sangat tergantung dari bagaimana mengelola sumberdaya pertanian yang
dimiliki dengan seefektif dan seefisien mungkin. Pertanian dalam arti modern
tidak hanya dalam kegiatan usahatani saja tetapi juga dalam kegiatan
pengelolaan penyediaan atau pengadaan sarana produksi, penanganan pasca panen,
pengolahan, serta pemasaran. Agribisnis dapat dibagi dalam 3 usaha besar yang
saling terkait antara satu dengan lainnya, yaitu unit usaha saprodi (sarana
produksi), unit usaha produksi dan unit usaha pemasaran.
Pemilihan
praktikum di PT Kepurun Pawana Indonesia karena konsep
keterpaduan yang diusung PT KPI ini berorientasi pada penggabungan tiga potensi
utama yang umumnya dimiliki bangsa Indonesia sebagai negara agraris, yakni
pertanian organik, peternakan, dan perikanan. Ketiga kegiatan tersebut
bersumber dari semangat untuk “kembali ke alam”. Diharapkan dengan adanya kegiatan praktikum ini
mahasiswa dapat mengetahui proses strategi untuk mengelola perusahaan
agribisnis dan memahami aplikasi teori mengenai manajemen agribisnis yang
diterapkan dalam perusahaan.
B.
Permasalahan
Permasalahan yang dibahas dalam
Praktikum Manajemen Agribisnis mencakup strategi mengelola perusahaan
agribisnis. Permasalahan dalam Praktikum Manajemen Agribisnis antara lain :
1.
Bagaimana gambaran umum perusahaan
terkait sejarah, profil, struktur organisasi dan visi misi perusahaan
agribisnis di PT. Kepurun Pawana Indonesia?
2.
Bagaimana pengelolaan manajemen
sumberdaya manusia di PT. Kepurun Pawana Indonesia?
3.
Bagaimana pengelolaan proses dan
pengembangan produk di PT. Kepurun Pawana Indonesia?
4.
Bagaimana strategi penetapan harga di
PT. Kepurun Pawana Indonesia?
5.
Bagaimana keadaan persaingan dan
strategi memenangkan persaingan di PT. Kepurun Pawana Indonesia?
6.
Bagaimana pengelolaan pemasaran di PT.
Kepurun Pawana Indonesia?
7.
Bagaimana pengaruh kebijakan pemerintah
terhadap pengelolaan perusahaan di PT. Kepurun Pawana Indonesia?
C. Tujuan
dan Kegunaan
1.
Tujuan
Tujuan
dari Praktikum Manajemen Agribisnis mengenai strategi pengelolaan perusahaan
agribisnis adalah :
a.
Mengetahui gambaran umum perusahaan
terkait sejarah, profil, struktur organisasi dan visi misi perusahaan
agribisnis di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
b.
Mengetahui pengelolaan manajemen
sumberdaya manusia di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
c.
Mengetahui pengelolaan proses dan
pengembangan produk di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
d.
Mengetahui strategi penetapan harga di
PT. Kepurun Pawana Indonesia.
e.
Mengetahui keadaan persaingan dan
strategi memenangkan persaingan di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
f.
Mengetahui pengelolaan pemasaran di PT.
Kepurun Pawana Indonesia.
g.
Mengetahui pengaruh kebijakan pemerintah
terhadap pengelolaan perusahaan di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
2.
Kegunaan
Kegunaan
Praktikum Manajemen Agribisnis meliputi kegunaan bagi mahasiswa Fakultas
Pertanian UNS, PT. Kepurun Pawana Indonesia, Fakultas Pertanian UNS dan pihak lain
yang terkait dalam pelaksanaan Praktikum Manajemen Agribisnis, yaitu:
a.
Bagi mahasiswa Fakultas Pertanian UNS,
sebagai persyaratan dalam menempuh Mata Kuliah Manajemen Agribisnis pada
semester II, serta menambah wawasan mahasiswa mengenai manajemen agribisnis
sehingga mahasiswa dapat mengetahui secara langsung kondisi perusahaan di
bidang agribisnis.
b.
Bagi PT. Kepurun Pawana Indonesia,
menjadi sumbangan pemikiran dari mahasiswa mengenai penyelesaian masalah
manajemen agribisnis dan cara mengatasi hambatan pengelolaan perusahaan
agribisnis.
c.
Bagi Fakultas Pertanian UNS, sebagai
pendukung kelengkapan dalam penerapan Mata Kuliah Manajemen Agribisnis dalam
pendidikan bidang pertanian. Diharapkan dapat memberikan informasi maupun bahan mengenai berbagai
kajian masalah dan cara mengatasi masalah terkait dengan usaha di bidang
agribisnis.
d.
Bagi pihak terkait lainnya, memberikan
solusi hambatan dalam manajemen agribisnis produk pertanian. Diharapkan
informasi ini dapat menambah wawasan bagi pembaca dan pihak terkait.
D.
Waktu
dan Tempat Praktikum
Praktikum
Manajemen Agribisnis mengenai
strategi pengelolaan perusahaan agribisnis dilaksanakan pada hari
Selasa, 4 Juni 2013 bertempat di PT. Kepurun Pawana Indonesia, Manisrenggo,
Klaten, Jawa Tengah.
II. TINJAUAN PUSTAKA
A.
Manajemen
Agribisnis
Agribisnis
adalah suatu kesatuan kegiatan usaha yang meliputi salah satu atau keseluruhan
dari mata rantai produksi, pengolahan hasil dan pemasaran yang ada hubunganya
dengan pertanian dalam arti luas. Pertanian dalam arti luas adalah kegiatan
usaha yang menunjang kegiatan pertanian
dan kegiatan usaha yang ditunjang oleh kegiatan pertanian. Atau dapat diartikan
sebagai suatu sistem atau kegiatan yang dimulai dari berbagai kegiatan dalam
sektor barang pertanian yang memasok berbagai input produksi barang dan jasa
kepada usaha tani, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pemrosesan atau
pengolahan, pemasaran atau tata niaga, dan distribusi barang kebutuhan untuk memuaskan
kebutuhan konsumen (Firdaus, 2007).
Manajemen
Agribisnis adalah suatu yang mengaplikasikan ilmu manajemen dalam pelaksanaan
kegiatan
atau usaha Agribisnis. Kemajuan pertanian sangat tergantung dari
bagaimana mengelola sumberdaya pertanian yang dimiliki dengan seefektif dan
seefisien mungkin. Pertanian dalam arti modern tidak hanya
dalam kegiatan usahatani saja tetapi juga dalam kegiatan pengelolaan penyediaan
atau pengadaan sarana produksi, penanganan pasca panen, pengolahan, serta
pemasaran (Siagian, 2003).
Manajemen
agribisnis sebagai suatu pendekatan pembangunan, perlu didukung dengan terciptanya
lingkungan strategik. Kegiatan pertanian itu sebagian besar berada di pedesaan
sehingga diperlukan kondisi yang kondusif untuk membangun sektor pertanian
dipedesaan. Kondisi kondusif yang perlu diperhatikan adalah perlu tersedianya
semua komponen sistem agribisnis secara lengkap di pedesaan, perlu ada
wirausaha dan kemitraan usaha dan kondisi yang mendukung (kondusif). Di samping
kondisi yang kondusif yang perlu dipersiapkan, maka beberapa faktor strategik
yang mendorong tumbuhnya agribisnis juga perlu diperhatikan antara lain aspek
lingkungan yang strategik, aspek permintaan, adanya permintaan barang dari luar
negeri, adanya sumber daya alam dan sumber daya manusia dan penguasaan ilmu
pengetahuan dan teknologi (Soekartawi, 1993).
Manajemen
adalah suatu proses untuk mencapai hasil-hasil yang diinginkan dengan
menggunakan sumber daya yang tersedia dengan menjalankan fungsi-fungsi
manajemen yaitu fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi
pengarahan dan pengimplementasian
dan fungsi pengawasan dan pengendalian.
Dengan demikian Manajemen Agribisnis adalah suatu kegiatan dalam bidang
pertanian yang menerapkan manajemen dengan melaksanakan
fungsi-fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan dan
pengendalian, dan fungsi pengawasan dan pengendalian dengan menggunakan
sumber daya yang tersedia untuk menghasilkan produk pertanian dan
keuntungan yang maksimal (Lakitan, 2008).
Manajemen
Agribisnis adalah suatu matakuliah yang mengaplikasikan ilmu manajemen dalam
pelaksanaan kegiatan/ usaha Agribisnis. Kemajuan pertanian sangat
tergantung dari bagaimana mengelola sumberdaya pertanian yang dimiliki dengan
seefektif dan seefisien mungkin. Pertanian dalam arti modern tidak hanya
berkutat pada kegiatan usahatani saja tetapi juga dalam kegiatan pengelolaan
penyediaan/ pengadaan sarana produksi, penanganan pasca panen, pengolahan,
serta pemasaran. Ruang
lingkup manajemen agribisnis :
1.
Agribisnis sebagai suatu “Sistem” :
Interdependensi antar sub sistem
2.
Agribisnis sebagai suatu “Praktek
Bisnis”
a. Pasar
adalah Raja
b. Persaingan
adalah Aturan Mainnya
c. Perubahan
adalah Sesuatu Yang Pasti
3.
Agribisnis sebagai suatu “Paradigma
Pembangunan Pertanian”
4.
Agribisnis sebagai suatu “Keilmuan”:
Ekonomi Agribisnis dan Manajemen Agribisnis
(Anonima, 2012).
B.
Sumber
Daya
Sumber daya didefinisikan sebagai segala sesuatu yang
dapat memberikan manfaat. Sedangkan lahan diartikan sebagai bagian dari
bentang alam (lanscape) yang fisik yang meliputi pengertian lingkungan fisik
seperti tanah, iklim, topografi atau relief, hidrologi dan vegetasi alami (natural vegetation)
dimana secara potensial akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan.
Jadi, Sumber daya Lahan adalah
segala
sesuatu yg bisa memberikan manfaat di lingkungan fisik dimana meliputi tanah,
iklim, relief, hidrologi dan vegetasi dimana faktor-faktor tersebut
mempengaruhi potensi penggunaannya (termasuk didalamnya adalah akibat
kegiatan-kegiatan manusia baik masa lalu maupun masa sekarang). misal;
penebangan hutan, penggunaan lahan pertanian (Ali, 2005).
Sektor pertanian
dan perkebunan tidak lepas dari pemanfaatan sumberdaya yang ada di alam
sekitar. Sumberdaya alam adalah keadaan lingkungan alam (natural envinronment)
yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Disekitar kita terdapat
braneka macam sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan
manusia yang semakin banyak dan beragam. Sumberdaya alam yang biasa
dimanfaatkan dalam bidang pertanian adalah sumberdaya lahan, sumberdaya manusia
dan sumberdaya modal (Paleztine, 2010).
Sumber daya
memiliki macam-macam hal yang sangat spesifik. Antara lain dalam Pertanian dan
perkebunan yang merupakan sektor sangat vital bagi sebuah bangsa. Hal ini
terjadi karena pertanian merupakan sumber bahan pangan, sandang, bahkan papan,
dan saat ini juga energi. Keempat tadi boleh dikatakan telah menjadi kebutuhan
pokok manusia modern saat ini di luar telekomunikasi dan pendidikan. Selain itu
ketahanan pangan dan energi pada saat ini dikatakan akan menjadi syarat
kedaulatan dari sebuah bangsa. Bangsa yang tidak dapat menciptakan ketahanan
pangan dan energinya secara mandiri tidak akan bisa menjadi bangsa yang
berdaulat dan mandiri. Oleh karena itu pertanian dan perkebunan semakin penting
untuk menjadi perhatian pemerintah dalam merencanakan pembangunan negeri (Agus,
2008).
Subsistem
penyediaan dan penyaluran sarana produksi mencakup semua kegiatan perencanaan,
pengelolaan, pengadaan, dan penyaluran sarana produksi untuk memungkinkan
terlaksananya penerapan teknologi usahatani dan pemanfaatan sumber daya pertanian
secara optimal. Kegiatan yang ditangani mencakup pembinaan dan pengembangan
usahatani dalam rangka peningkatan produksi pertanian, baik usahatani rakyat
maupun usahatani berskala besar. Dan untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih (Soetriono,
2006).
Terdapat tiga
sumber daya dimana fungsinya sebagai alat pemenuh kebutuhan manusia antara lain :
1.
Sumber Daya Alam
Sumber
daya alam disediakan cuma-cuma
oleh alam disekitar lingkungan kita. Sumber daya alam itu dimanfaatkan guna
meningkatkan kesejahteraan manusia dan memiliki jumlah yang sangat banyak akan
tetapi juga terbatas. Contoh dari sumber daya alam :
a. Tanah,
tanah bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tanah bisa digunakan untuk lahan
pertanian, perkebunan,tempat menggembelakan ternak. Selain itu tanah digunakan
sebagai tempat tinggal kita, tempat untuk mendirikan pabrik dan bangunan
lainnya. Tanah juga diperlukan untuk membangun prasarana transportasi seperti
jalan dan jembatan.
b. Barang
tambang yaitu kekayaan yang terdapat di bumi seperti emas, perak, timah,
tembaga dll.
c. Air
(laut, sungai, danau) sangat
diperlukan oleh semua makhluk hidup. Seperti contoh air dilaut dimana merupakan
tempat tinggal bagi ikan dan satwa yang lain.
d. Hutan
dan isinya memiliki
peranan penting tehadap kelestarian lingkungan hidup manusia. Oleh karena itu,
kelestarian hutan harus senantiasa dijaga.
e. Udara
dan sinar matahari memiliki
arti yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Udara selalu dibutuhkan
makhluk hidup utnuk bernapas dan sebagainya. Sinar matahari juga bisa
menghasilkan tenaga surya yang dapat menggantikan listrik dan minyak bumi.
2.
Sumber Daya Manusia
Untuk
memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam diperlukannya sumber daya yang kedua
yaitu manusia. Sumber daya alam yang kaya tidak akan ada artinya bila tidak ada
sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam tersebut. Sebagai
contoh: para petani memanfaatkan kesuburan tanah untuk menghasilkan
produk-produk pertanian. Para ahligeologi dan pekerja tambang menggali dan
mengolah bahan-bahan tambang dan mineral. Nelayan mengaruni lautan untuk
mencari ikan. Ahli meteorologi diperlukan antara lainuntuk menganalisis
perkembangan cuaca.
3.
Sumber daya Modal atau Capital
Terkadang
sumber daya manusia saja tidak cukup untuk memanfaatkan dan mengeksploitasi
sumber daya alam. Maka dari itu diperlukan sumber daya modal atau kapital yang
diperlukan agar manusia bisa menghasilkan berbagai macam barang dan jasa dengan
cepat dan efisien. Sebagai contoh; untuk membuat kain diperlukan mesin pemintal.
Dengan mesin pemintal, kain dapat diproduksi dengan cepat dan dalam jumlah yang
banyak.
Dari
berbagai uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kebutuhan manusia sangat banyak
dan beragam. Sementara sumber daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia,
yaitu sumber daya alam, manusia dan modal (Anonimb, 2012).
C.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran sebagai alat bagi pengusaha
untuk mempengaruhi konsumen agar konsumennya dapat menjadi kenal kemudian
menyenangi dan kemudian melakukan transaksi pembelian serta akhirnya konsumen
itu menjadi puas. Di samping itu pengusaha dapat pula mencantumkan harga yang
rendah serta pemberian discount atau
potongan harga, mencantumkan harga obral serta harga cuci gudang dan
sebagainya. Dengan cara penetapan harga semacam ini akan dapat
menarik perhatian serta mendorong konsumen untuk segera melakukan transaksi
pembelian agar tidak melewatkan kesempatan yang terbatas waktunya bagi
berlakunya harga obral tersebut. Marketing mix terdiri dari himpunan
variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk
mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Variabel atau kegiatan
tersebut perlu dikombinasikan dan dikoordinasikan oleh perusahaan seefektif
mungkin dalam melakukan tugas atau kegiatan pemasarannya. Dengan demikian,
perusahaan tidak hanya sekadar memiliki kombinasi kegiatan yang terbaik saja,
akan tetapi dapat mengkoordinasikan barbagai variabel marketing mix tersebut untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif
(Gitosudarmo, 2008).
Istilah bauran pemasaran mengacu pada paduan strategi produk,
distribusi, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik yang dirancang
untuk menghasilkan pertukaran yang
saling memuaskan dengan pasar yang dituju. Distribusi kadangkala dihubungkan
dengan tempat, sehingga memberikan 4P dari bauran pemasaran, produk (product),
tempat (place), promosi (promotion) dan harga (price). Seorang
manajer pemasaran dapat mengontrol tiap komponen dari bauran pemasaran, tetapi strategi untuk keempat
komponen tersebut harus dipadukan untuk mencapai hasil yang optimal.
Keberhasilan setiap bauran pemasaran tergantung pada komponen terlemah
didalamnya (Ratih,
2005).
Marketing
mix atau
bauran pemasaran sangat penting diperhatikan pada saat awal pembentukan bisnis
restoran atau rumah makan. Bisnis restoran atau rumah makan seharusnya
ditangani dari biaya makanan (food cost), pekerja, sewa (jika lokasi
usaha bukan milik pribadi), promosi dan iklan, kualitas makanan, pelayanan
pelanggan, keuntungan dan tentunya sikap untuk melanjutkan tipe bisnis ini.
Adapun bauran pemasaran meliputi salah satunya produk. Produk adalah
keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat
kepada konsumen.Produk dalam bisnis restoran sangat bergantung pada pengalaman.
Produk dapat berupa paket yang lengkap yang terdiri dari makanan, minuman,
servis, atmosfer dan kenyamanan yang memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
dan menciptakan kesan yang tidak terlupakan (Basu, 2005).
Kebijakan
pembauran pemasaran tentu akan lebih berhasil jika apa telah diprogram
dikomunikasikan dengan tertara yang baik. mengkomunikasikan program perusahaan
kepada masyarakat konsumen dapat dilakukan dengan empat variabel, yaitu :
1.
Periklanan,
bentuk presentasi
dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibayar oleh
sponsor tertentu.
2.
Personal
selling, presentasi lisan dalam suatu
percakapan dengan satu calon pembeli atau lebih yang ditujukan untuk
menciptakan penjualan.
3.
Publisitas,
pendorong permintaan
secara non pribadi untuk suatu produk, jasa atau ide dengan menggunakan berita
komersial di dalam media mass dan sponsor tidak dibebani sejumlah bayaran
secara langsung.
4.
Promosi
penjualan, kegiatan
pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong pembelian
konsumen dan efektifitas
(Septi, 2005).
Dalam perusahaan agribisnis dikenal dengan manajemen pemasaran yaitu
memdukan kegiatan dan sumberdaya bisnis secara logis guna memenuhi kebutuhan
pelanggan dan menghasilkan laba. Biasanya hal tersebut diusahakan melalui marketing mix (bauran pemasaran), dalam
pemasaran ada lima keputusan yaitu keputusan pasar yang menyeluruh, keputusan
produk, keputusan harga, keputusan promosi, dan keputusan tempat. Penetapan
harga dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya penetapan harga
berdasarkan biaya, penetapan harga penetrasi, penjenjangan pasar, daya serap
pasar, potongan harga(diskon), penetapan harga bergengsi, penetapan harga
bersaing dan lain-lain. (Anonimc, 2012).
III. HASIL
PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
A.
Gambaran Umum Perusahaan
1.
Sejarah
PT. Kepurun
Pawana Indonesia (PT. KPI) adalah badan usaha (perseroan) swasta nasional,
afiliasi Yayasan Pendidikan & Kesejahteraan PT. PLN (PERSERO) yang berdiri
pada tanggal 28 Oktober 1997 berdasarkan akte notaris H. Daliso Rudianto, SH,
notaris dan PPAT di Yogyakarta, nomor : 22, tanggal 28 Oktober 1997. KPI (kepurun pawana indonesia) didasarkan
pada pemikiran dan kenyataan potensi alam dan sumber daya manusia tanah air
Indonesia yang begitu besar serta kondusif bagi usaha pertanian, peternakan dan
perikanan, namun belum dikelola secara optimal; sehingga didirikannya PT. KPI (kepurun pawana indonesia) disamping
dimaksudkan untuk mengelola serta mengembangkan secara optimal potensi
sumberdaya alam dan sumberdaya manusia Indonesia, melalui usaha-usaha :
Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan mengacu pada system dan manajemen
agribisnis yang baik dan benar yang akan memberikan hasil optimal demi
kesejahteraan para stake holder : Konsumen, Customer, Karyawan,
Pemegang Saham, Masyarakat, Bangsa dan Tanah Air Indonesia.
Nama PT. Kepurun
Pawana Indonesia, merupakan gabungan dari 3 (tiga) kata yakni :
Kepurun : nama desa dimana kegiatan usaha PT.
Kepurun Pawana Indonesia dipusatkan, terletak di lereng gunung merapi dengan ketinggian 600 m dpl,
termasuk wilayah kec. Manisrenggo, kab. Klaten, Jateng.
Pawana : kata
dalam bahasa Sanskerta berarti angin.
Indonesia : negara, tanah tumpah darah tercinta.
Dengan
menggabungkan ketiga kata tersebut menjadi Kepurun Pawana Indonesia,
para penggagas dari Kepurun akan bertiup angin segar yang memberi harapan
membangun kehidupan untuk masa depan yang lebih baik ke seluruh pelosok tanah
airIndonesia.
PT. KPI (kepurun pawana indonesia) merupakan
realisasi peran PT. PLN (Persero) yang disamping sebagai Badan Usaha Milik
Negara, dituntut meraih keuntungan bagi negara, namun juga harus menjalankan
fungsi sosial yakni sebagai agen pembangunan.PT. KPI (kepurun pawana indonesia) merupakan badan usaha di bawah binaan PT.
PLN (Persero) khususnya Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PT. PLN
(Persero).pada awalnya merupakan perusahaan yang dibentuk sebagai program
kemitraan antara swasta dan BUMN (PT. PLN (Persero)) yang diperkuat melalui
kerja sama dengan perguruan tinggi (UGM). Program-program usaha PT. KPI
yang senantiasa berlandaskan hasil pengkajian teknologi yang dalam penerapannya
diharapkan mampu menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dan dapat
meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan peternak. Di masa datang
2.
Profil
Nama
Kelompok :
PT. Kepurun Pawana Indonesia
Berdiri : 28 Oktober 1997
Jumlah
Anggota :
6 Kelompok
Alamat : Ds.Kepurun, Kec.Manisrenggo, Kab.Klaten,
JawaTengah
Kontak Person :
(0274)7111084
Hasil Produksi :
Biogas, pupuk dari kotoran hewan, daging sapi, susu sapi, telur, sayuran/salad,
bakso, nuggets, kripik buah (proses vacuum
frying), telur asin, dan penetasan telur itik serta penjualan anak itiknya.
Kapasitas Produksi : 650 Kg untuk komoditas kalian
Luas lahan
efektif : 500 m3
Daerah pemasaran : DIY, Klaten
Potensi Pasar : Pasar, konsumen,
pengunjung KPI
3.
Struktur
Organisasi dan Visi Misi
I.
|
Komisaris
Utama
|
:
|
Ir.
Djiteng Marsudi
|
|
Komisaris
Anggota
|
:
|
ex officio
GM PT. PLN (Persero) Dist. Jateng & DIY
|
|
Direktur
Utama
|
:
|
Ir. Teguh
Juwono (per 01 Desember 2012)
|
II.
|
Direktur
Administrasi & Umum
|
:
|
Agus
Triyono, S.Pt
|
|
Manajer
Diklat & Konsultan
|
:
|
R. Suhun
Harsana, S.Pt
|
|
Bagian
Diklat
|
:
|
Widodo A
|
|
Bagian
Konsultan
|
:
|
--
|
|
Manajer
Administrasi, Umum & Personalia
|
:
|
Sidiq
Nurrohman Hadi
|
III.
|
Direktur
Operasi & Pemasaran
|
:
|
Joko
Maryono (Plt)
|
|
Manajer
Produksi
|
:
|
Jati
Wibowo, S.Pd.
|
IV.
|
Direktur
Keuangan
|
:
|
Yuni
Ikawati (Plt)
|
|
Manajer
Keuangan
|
:
|
Ika
Purnamasari
|
|
Bagian
Keuangan
|
:
|
Ika
Purnamasari (Plt)
|
|
Bagian
Akuntansi
|
:
|
Yuni
Ikawati (Plt)
|
|
Bagian
Gudang
|
:
|
Paimin
|
Pemegang saham mayoritas PT. Kepurun
Pawana Indonesia adalah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero)
dan sebagian dimiliki oleh perorangan dengan komposisi :
1
Ir. Djiteng Marsudi = 47 %
2
Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan
PT. PLN (Persero) = 53 %
·
VISI :
Diakui sebagai perusahaan nasional
yang bertumbuh kembang, unggul, terpercaya dan memberikan manfaat bagi umat
manusia dan lingkungan dengan bertumpu pada kekayaan sumber daya alam dan
insani tanah air Indonesia.
·
MISI :
1.
Menjalankan dan mengembangkan Usaha
Jasa Konsultasi dan Training Centre Agribisnis serta Agroindustri dan Bidang
Usaha lain yang terkait, berorientasi kepuasan masyarakat/pelanggan, anggota
perusahaan dan pemegang saham.
2.
Mengupayakan agar agribisnis dan
agro industri menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
3.
Membantu pengembangan kegiatan usaha
agribisnis dan agro industri yang berwawasan lingkungan dan kelestarian alam.
4.
Membantu pengembangan wilayah/
daerah pedesaan berbasis pada potensi, kearifan, budaya dan keunggulan lokal
berwawasan global.
B.
Menejemen
Sumber Daya
1.
Alam
Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul
secara alami
yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia
pada umumnya. Yang
tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik,
seperti hewan,
tumbuhan,
dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik,
seperti minyak bumi, gas alam,
berbagai jenis logam,
air,
dan tanah. Sumber daya alam yang terdapat di Kepurun Pawana
Indonesia sangat melimpah. Terutama sumber daya air yang tersedia di daerah
Kepurun Pawana Indonesia, karena terletak di daerah pegunungan, yaitu
pegunungan merapi. Sehingga sumber daya
air dapat dimanfaatkan untuk keperluan proses yang terjadi di Kepurun Pawana
Indonesia, misalnya untuk keperluan memandikan sapi setiap hari dua kali dan
untuk membersihkan kandang-kandangnya.
2.
Manusia
Manajemen sumber daya
manusia adalah suatu ilmu
atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya
(tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu
secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga
tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat
menjadi maksimal. Sumber
daya manusia PT. KPI pada umumnya berasal dari sekitar perusahaan, yaitu di
daerah desa Kepurun, Klaten. Didirikanya PT. Kepurun Pawana Indonesia ini
didasarkan atas pemikiran akan potensi sumber daya manusia dan alam yang begitu
besar untuk usaha agribisnis dan agroindustri, namun belum dikelola secara
maksimal. Oleh sebab itu berdirinya PT. Kepurun Pawana Indonesia ini bertujuan
untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia agar menjadi sumber daya manusia yang unggul.
3.
Modal
Sumber
daya modal dapat berupa uang atau barang, gedung, dan
tanah yang bisa dipakai untuk memulai suatu usaha. Berdasarkan Sumbernya modal dapat dibagi menjadi dua
yaitu modal sendiri dan modal asing. Modal sendiri adalah modal yang berasal
dari dalam perusahaan sendiri, misalnya setoran dari pemilik perusahaan.
Sedangkan modal asing adalah modal yang bersumber dari luar perusahaan. Modal
PT. Kepurun Pawana Indonesia mayoritas berasal dari yayasan pendidikan dan
kesejahteraan PT. PLN sebanyak 53 % dan sebagian dimiliki oleh perorangan yaitu
Ir. Djiteng Marsudi sebanyak 47 %.
C. Proses dan
Pengembangan Produk
1.
Bakso dan Nuggets
PT. Kepurun Pawana Indonesia dulu hanya memotong sapi
dan menjual daging sapi ke pasar-pasar di sekitar Klaten dan Yogyakarta. Namun
sekarang daging diproses sedemikian rupa maka akan
menjadi sebuah produk olahan baru yang cukup bisa merambah pasar yakni Bakso
dan nuggets. Pengolahannya
sendiri tidak dilakukan dengan tenaga manusia tapi sudah menggunakan mesin. Mesin penghasil bakso ini dapat
menghasilkan bakso jauh lebih banyak dibandingkan yang dikerjakan manusia
katakan saja lah seorang manusia hanya dapat menghasilkan bakso sebayak 50
butir tapi dibandingkan mesin dapat menghasil kan 300 butir/menitnya. Jangkauan pemasarannnya masih
menggunakan agen untuk menyalurkan bakso olahan tersebut. Harga bakso 13.000
ribu rupiah per bungkus yang berukuran sedang dan 9.000 yg berukuran kecil ini
dapat bertahan 1 bulan jika di taruh pada suhu dingin. Berbeda dengan bakso, nuggets sendiri di buat dengan
olahan hasil daging
ayam maupun sapi, prosesnya juga melalui
mesin karena dengan menggunakan mesin maka kerjanya lebih cepat. Nuggets sendiri dipatok dikisaran
harga 11.000 ribu
rupiah.
ini masih juga membutuhkan distributor untuk sampai ketangan konsumen jangka
waktu bertahannya nuggets sendiri
masih bisa dikonsumsi selama
3 bulan jika disimpan pada suhu es.
daerah
pemasarannya juga masih didaerah Yogyakarta,
Klaten dan Bandung.
2.
Susu Sapi
Tujuan
utama ternak sapi ada dua yakni untuk diambil dagingnya dan juga untuk diambil
susunya. Sapi memang binatang mamalia yang memiliki kelenjar susu. Susu sapi
cukup berkualitas dan sudah sejak lama dikonsumsi oleh manusia baik itu secara
langsung atau dengan diolah terlebih dahulu. Jika didasarkan pada angka survey,
boleh jadi susu sapilah yang paling banyak dijumpai di pasaran. PT. Kepurun Pawana Indonesia memiliki peternakan sapi
perah yang menghasilkan susu yang dijual ke sekitar kawasan perusahan. Namun
seiring dengan berkembangnya teknologi PT. KPI membuat inovasi dengan mengembangkan
produk olahan susu siap konsumsi dalam kemasan dengan bermacam variasi rasa.
Produk susu ini dijual denagan harga 2000 rupiah per kemasan di areal PT.
Kepurun Pawana Indonesia.
3.
Kripik Buah
Kripik buah yang kita kenal terlebih dahulu adalah
kripik pisang. Namun seiring berkembangnya jaman mulai muncul variasi dari
kripik buah lainnya. PT. Kepurun Pawana Indonesia sendiri sudah memproduksi
kripik buah dari berbagai macam buah, misalnya kripik nanas, kripik salak,
kripik nangka, dan kripik pisang itu sendiri. Prosesnya ialah
dengan mengeringkan buah tersebut tanpa mengurangi kandungan protein dan
vitamin pada buah itu sendiri.
Kripik buah ini dikemas
dengan bobot 300 gr per kemasan dn 500 gr per kemasan. Untuk pemasaranya,
kripik buah di distribusikan ke berbagai wilayah di Klaten dan Yogyakarta.
D.
Strategi
Penetapan Harga
Di dalam proses
penetapan harga jual suatu produk, perusahaan hendaknya mengikuti prosedur
yang terdiri dari enam langkah pokok, yaitu memilih sasaran harga, menentukan
permintaan, memperkirakan biaya, menganalisis pesaing, memilih metode harga dan
memilih harga akhir. Langkah pertama adalah memilih sasaran harga,
seperti misalnya bertahan hidup, maksimalisasi keuntungan jangka pendek, volume
penjualan, permintaan pasar, unggul dalam pangsa pasar,
persaingan, prestise atau status quo. Perusahaan bertujuan bertahan hidup
akan berusaha dengan menurunkan harga. Laba tidak begitu dipentingkan, selama
harga dapat menutupi biaya variabel dan sebagian biaya tetap. Sasaran ini hanya
untuk jangka pendek dan diharapkan dalam jangka panjang perusahaan.
PT. Kepurun Pawana Indonesia dalam
strategi penetapan harga tidak bisa menetapkan harga dari setiap produk yang
dihasilkan perusahaan. Akan tetapi, harga yang ditetapkan disesuaikan dengan
produk dipasaran, karena PT.
Kepurun Pawana Indonesia tergabung dalam asosiasi produk sejenis dan
juga PT. Kepurun Pawana
Indonesia tersebut lebih mementingkan kualitas produk. Penetapan harga di PT. Kepurun Pawana Indonesia juga
mempertimbangkan (Harga Pokok Penjualan) HPP yaitu mempertimbangkan keseluruhan
biaya yang dikeluarkan oleh PT.
Kepurun Pawana Indonesia terkait biaya produksinya agar harga yang
ditetapkan memberikan penerimaan yang dapat menutup keseluruhan biaya.
Penetapan HPP dapat mengetahui laba yang diinginkan perusahaan. Apabila harga
jual lebih besar dari harga pokok penjualan maka akan diperoleh laba, dan
sebaliknya apabila harga jual lebih rendah dari harga pokok penjualan akan
diperoleh kerugianAdanya penetapan margin keuntungan akan menghindarkan
perusahaan dari kerugian atas penetapan harga yang dilakukan terhadap produk
yang dijual.
E.
Pemasaran
PT. Kepurun Pawana Indonesia adalah badan usaha yang bergerak pada bidang
agribisnis dan agroindustri. Jadi PT. Kepurun Pawana Indonesia menghasilkan
hasil pertanian, perikanan, dan peternakan yang sekaligus memprosesnya menjadi
bahan olahan tertentu karena PT. KPI juga bergerak dalam agroindustri. Dalam
sistem pemasaranya PT. Kepurun Pawana Indonesia terlebih dahulu menentukan
produk yang akan di pasarkan ke konsumen. Kemudian menentukan harga produk yang
sesuai dengan kebutuhan pasar. Langkah berikutnya PT. KPI menetukan tempat dimana
produk akan di pasarkan yang memiliki potensi bagus. Setelah itu PT. Kepurun
Pawana Indonesia menetukan jenis promosi untuk memikat hati konsumen. PT.
Kepurun Pawana Indonesia menjaga kepuasan konsumen dengan selalu memproduksi
olahan yang berkualitas, karena konsumen adalah salah satu sarana promosi
berjalan. Untuk saat ini produk olahan disetorkan ke distributor dan bisa
dibeli juga di PT. Kepurun Pawana Indonesia.
F.
Persaingan dan Strategi memenangkan Persaingan
Di dalam proses penetapan harga jual suatu produk, perusahaan
hendaknya mengikuti prosedur yang terdiri dari enam langkah pokok, yaitu
memilih sasaran harga, menentukan permintaan, memperkirakan biaya, menganalisis
pesaing, memilih metode harga dan memilih harga akhir.
Langkah pertama adalah memilih sasaran harga,
seperti misalnya bertahan hidup, maksimalisasi keuntungan
jangka pendek, volume penjualan, permintaan pasar, unggul dalam
pangsa pasar, persaingan, prestise atau status quo. Perusahaan
bertujuan bertahan hidup akan berusaha dengan menurunkan harga. Laba tidak
begitu dipentingkan, selama harga dapat
menutupi biaya variable dan sebagian biaya tetap. Sasaran ini hanya untuk
jangka pendek dan diharapkan dalam jangka panjang perusahaan.
PT. Kepurun Pawana Indonesia dalam strategi penetapan
harga tidak bias menetapkan harga dari setiap produk yang dihasilkan
perusahaan. Akan tetapi, harga yang ditetapkan disesuaikan dengan produk
dipasaran yang penting harganya cocok dan bisa mendapatkan keuntungan yang
lebih, karena PT. Kepurun Pawana Indonesia tergabung dalam asosiasi produk
sejenis lainnya dan juga PT. Kepurun Pawana Indonesia tersebut lebih
mementingkan kualitas produk yang dihasilkan. PT. Kepurun Pawana Indonesia
menargetkan keuntungan yang besar dari harga pembelian, itu artinya mereka
menetapkan strategi harga menyesuaikan biaya produksi. PT. Kepurun Pawana
Indonesia juga tidak pernah merasa adanya persaingan diantara perusahaan lain
yang sejenis, justru mereka lebih senang melakukan kerjasama.
G.
Kebijakan Pemerintah
Kegiatan agribisnis dapat
dipengaruhi oleh keputusan atau tindakan koordinator agribisnis, yang terdiri
dari pemerintah, manajer agribisnis (termasuk asosiasi bisnis), pendidik dan
peneliti. Pemenintah seringkali sangat menentukan arah perkembangan agribisnis
melalui berbagai kebijakan dan program yang ditetapkannya. Kebijakan dan
program tersebut mencakup berbagai bidang, antara lain intensifikasi,
ekstensifikasi, rehabilitasi, irigasi, transportasi, distribusi sarana
produksi, energi, pemasaran hasil pertanian, harga-harga, penanaman modal,
pewilayahan komoditi, fiskal dan moneter. Peran utama pemerintah adalah sebagai
regulator, fasilitator dan dinamisator, sehingga koordinasi vertikal kegiatan
sistem agribisnis dan unit-unit usaha yang terlibat di dalamnya secara keseluruhan
dapat berjalan secara terpadu dan terkoordinasi secara baik dengan
memperhatikan secara seksama lingkungan strategis (sumberdaya alam, sosial,
ekonomi, politik) yang terus bergerak secara dinamis sehingga sistem agribisnis
secara keseluruhan mampu terus berkembang dan berkelanjutan.
Untuk perusahaan Kepurun Pawana
Indonesia Kebijakan Pemerintah yang dapat mempengaruhi produksi adalah
penetapan harga. KPI bekerjasama dengan Persero, dan PLN dalam kerjasamanya
terhadap pemerintah. Dalam ekspor dan impor tidak ada tergantung pada
perusahaan dalam melakukan kegiatan tersebut.
IV.
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
1.
PT. Kepurun Pawana Indonesia adalah badan usaha (perseroan)
swasta nasional, yang
bergerak pada sektor agribisnis dan agroindustri yang meliputi
usaha-usaha : Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.
2.
PT.
Kepurun Pawana Indonesia selain badan usaha dibidang agribisnis dan
agroindustri juga berperan sebagai konsultan.
3.
PT.
Kepurun Pawana Indonesia mempunyai produk olahan dari hasil peternakan dan
pertanian. Misalkan, bakso, nuggets, susu sapi, dan keripik buah.
4.
PT.
Kepurun Pawana Indonesia sesungguhnya adalah perusahaan agribisnis yang lebih
mengutamakan penjualan jasa bukan menghasilkan produk.
B.
Saran
1.
Sebaiknya
Co-Ass dan praktikan selalu berdampingan saat praktikum
berlangsung agar praktikum
bisa berjalan dengan tertib dan bermanfaat.
2. Selayaknya
praktikan mengikuti semua prosedur praktikum yang berlangsung, agar praktikan
memahami bidang kajian yang di pelajari.
3.
Seharusnya semua susunan acara saat
praktikum berlangsung harus sesuai agar praktikum berjalan dengan lancar.
4.
Sebaiknya
agenda yang telah di rencanakan harus dilaksanakan, karena telah dipersiapkan
dengan matang sebelumnya.
Saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana layanan pendanaan Le_Meridian membantu saya dengan pinjaman 2.000.000,00 USD untuk membiayai proyek pertanian ganja saya, saya sangat berterima kasih dan saya berjanji untuk membagikan perusahaan pendanaan yang sah ini kepada siapa pun yang mencari cara untuk memperluas bisnisnya project.the company adalah perusahaan pendanaan UK / USA. Siapa pun yang mencari dukungan keuangan harus menghubungi mereka di lfdsloans@outlook.com Atau lfdsloans@lemeridianfds.com Bpk. Benjamin juga menggunakan whatsapp 1-989-394-3740 untuk mempermudah segala pemohon.
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
HapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
Daftar pustakanya mana
BalasHapus??????
PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR Berlaku sekarang.
BalasHapusPencari Pinjaman yang Terhormat,
Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.
Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.
kami memberikan yang berikut;
*Perbaikan rumah
* Pinjaman Inventor
* Kredit Mobil
* Pinjaman Konsolidasi Utang
* Jalur Kredit
* Pinjaman Kedua
* Pinjaman Bisnis
*Pinjaman pribadi
* Pinjaman Internasional.
Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662
Semoga berhasil,
PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.