Minggu, 23 Februari 2014

BUDIDAYA TANAMAN

ACARA III
BUDIDAYA TANAMAN
A. Pendahuluan
1.    Latar Belakang
Budi daya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya dapat dianggap sebagai inti dari usaha tani. Usaha budi daya tanaman mengandalkan penggunaan tanah atau media lainnya di suatu lahan untuk membesarkan tanaman dan lalu memanen bagiannya yang bernilai ekonomi. Bagian ini dapat berupa biji, buah/bulir, daun, bunga, batang, tunas, serta semua bagian lain yang bernilai ekonomi. Kegiatan budi daya tanaman yang dilakukan dengan media tanah dikenal pula sebagai bercocok tanam.
Kangkung termasuk sayuran yang populer dan digemari masyarakat Indonesia. Kangkung banyak ditanam di Pulau Jawa khususnya di Jawa Barat, juga di Irian Jaya di Kecamatan Muting Kabupaten Merauke kangkung merupakan lumbung hidup sehari-hari. Di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar tanaman kangkung darat banyak ditanam penduduk untuk konsumsi keluarga maupun untuk dijual ke pasar. Di Indonesia kangkung memiliki beberapa nama daerah, yaitu Kangkueng (Sumatera), Kangko (Sulawesi) dan Utangko (Maluku).
Kangkung bergizi tinggi dan lengkap dengan kandungan yang ada pada kangkung seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, posfor, zat besi, natrium, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Senyawa kimia yang dikandung adalah saponin, flavonoid, dan poliferol. Tanaman bernama Latin Ipomoea reptans ini terdiri dan dua varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat bunga putih bersih.
Kangkung merupakan tanaman yang bermanfaat. Kangkung mempunyai senyawa yang dapat digunakan untuk pengobatan bagi penderita susah tidur. Serat pada kangkung sangat baik untuk mencegah konstipasi sehingga dapat menghalangi terjadinya kanker perut. Karetenoid dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A serta klorofil tinggi. Kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dan menghalangi mutasi genetik penyebab kanker.
Salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan oleh orang Indonesia untuk keperluan sayuran adalah tanaman kangkung darat. Beberapa orang yang telah mengkonsumsi sayuran kangkung darat tersebut mengaku merasakan kantuk. Berdasarkan literatur, dalam 100 gram tanaman kangkung mengandung 458,00 gram Kalium dan 49,00 gram Natrium. Dimana Kalium dan Natrium ini merupakan persenyawaan garam bromida. Senyawa-senyawa ini bekerja sebagai obat tidur berdasarkan sifatnya yang dapat menekan susunan saraf pusat. Pada kangkung darat perlu dilakukan uji farmakodinamik untuk membuktikan khasiat-khasiat yang dimilikinya. Efek sedasi dari kangkung darat yaitu berkhasiat dan dipercaya masyarakat dapat menurunkan ketegangan dan menginduksi ketenangan.
2. Tujuan Praktikum
          Tujuan Praktikum acara III Budidaya Tanaman antara lain :
Mengenal, mempelajari dan memberikan keterampilan kepada mahasiswa tentang teknik budidaya beberapa komoditas hortikultura.








B. Tinjauan Pustaka
Tanaman kangkung (Ipomea reptana) dapat hidup pada kondisi dua ekologi (habitat), yaitu habitat alami kangkung air adalah di perairan yang tergenang.  Kangkung biasanya tumbuh liar (secara alami) di sawah, parit tepi sungai atau bahkan di parit.Tumbuhan ini kebanyakan tumbuh di daerah tropis dan subtropis, beberapa tumbuh di daerah sedang. Kemudian hidup di daratan dimana  dari 0-2000 mdpl dan hidup pada tanah-tanah subur sampai daerah tandus namun masih tersedia air didalam tanahnya (Adityaperdana2009).
Tanaman kangkung dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun. Kangkung darat dapat tumbuh pada daerah yang beriklim panas dan beriklim dingin dengan jumlah curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 500-5000 mm/tahun.Pada musim hujan tanaman kangkung pertumbuhannya sangat cepat dan subur, asalkan di sekelilingnya tidak tumbuh rumput liar. Dengan demikian, kangkung pada umumnya kuat menghadapi rumput liar, sehingga kangkung dapat tumbuh di padang rumput, kebun atau ladang yang agak rimbun (Adityaperdana 2009).
Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian tempat, setiap naik 100 m tinggi tempat, maka temperatur udara turun 1 oC.Apabila kangkung ditanam di tempat yang terlalu panas, maka batang dan daunnya menjadi agak keras, sehingga tidak disukai. Media tanam untuk kangkung darat menghendaki tanah yang subur, gembur banyak mengandung bahan organik dan tidak dipengaruhi keasaman tanah.Tanaman kangkung darat tidak menghendaki tanah yang tergenang, karena akar akan mudah membusuk. Sedangkan kangkung air membutuhkan tanah yang selalu tergenang air.Tanaman kangkung membutuhkan tanah datar bagi pertumbuhannya, sebab tanah yang memiliki kelerengan tinggi tidak dapat mempertahankan kandungan air secara baik (Adityaperdana 2009).
Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun. Kangkung darat dapat tumbuh pada daerah yang beriklim panas dan beriklim dingin. Jumlah curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini berkisar antara 500-5000 mm/tahun. Pada musim hujan tanaman kangkung pertumbuhannya sangat cepat dan subur, asalkan di sekelilingnya tidak tumbuh rumput liar. Dengan demikian, kangkung pada umumnya kuat menghadapi rumput liar, sehingga kangkung dapat tumbuh di padang rumput, kebun atau ladang yang agak rimbun. Tanaman kangkung membutuhkan lahan yang terbuka atau mendapat sinar matahari yang cukup. Di tempat yang terlindung (ternaungi) tanaman kangkung akan tumbuh memanjang (tinggi) tetapi kurus-kurus. Kangkung sangat kuat menghadapi panas terik dan kemarau yang panjang. Apabila ditanam di tempat yang agak terlindung, maka kualitas daun bagus dan lemas sehingga disukai konsumen. Suhu udara dipengaruhi oleh ketinggian tempat, setiap naik 100 m tinggi tempat, maka temperatur udara turun 1 derajat C. Apabila kangkung ditanam di tempat yang terlalu panas, maka batang dan daunnya menjadi agak keras, sehingga tidak disukai konsumen (Djuariah 2007).
Pemilihan bibit harus disesuaikan dengan lahan (air atau darat). Karena kalau kangkung darat ditanam di lahan untuk kangkung air produksinya kurang baik, warna daun menguning, bentuk kecil dan cepat membusuk. Bibit kangkung sebaiknya berasal dari kangkung muda, berukuran 20-30 cm. Pemilihan bibit harus memperhatikan hal-hal seperti berikut, batang besar, tua, daun besar dan bagus. Penanamannya dengan cara stek batang, kemudian ditancapkan di tanah. Sedangkan biji untuk bibit harus diambil dari tanaman tua dan dipilih yang kering serta berkualitas baik (Maria 2009).
Berdasarkan tempat hidupnya, tanaman kangkung dapat dibedakan menjadi kangkung darat ( Ipomea reptans Poir. ) dan kangkung air ( Ipomea aquatiqa Poir. ). Akan tetapi, jumlah varietas kangkung darat lebih banyak dibandingkan kangkung air. Varietas kangkung darat terbagi menjadi varietas Bangkok, biru, cinde, sukabumi, dan sutra. Sedangkan varietas kangkung air terbagi menjadi varietas sumenep dan varietas biru. Secara alamiah, Kangkung ini dapat ditemukan di kolam, rawa, sawa, dan tegalan. Tumbuhnya menjalar dengan banyak percabangan. Sistem perakarannya tunggang dengan cabangcabang akar yang menyebar ke berbagai penjuru. Tangkai daun melekat pada buku-buku batang dan bentuk helaiannya seperti hati. Bunganya menyerupai terompet. Bentuk buahnya bulat telur dan di dalamnya berisi 3 butir biji. Kandungan gizi dalam 100 gram kangkung darat diantaranya adalah 458,00 gram kalium dan 49,00 gram natrium.4 Dimana kalium dan natrium merupakan persenyawaan garam bromida. Senyawa-senyawa ini bekerja sebagai obat tidur berdasarkan sifatnya yang menekan susunan saraf pusat. Selain mengandung kalium dan natrium. Daun kangkung juga mengandung zat kimia seperti karoten, hentriakontan dan sitosterol. Oleh karena itu, tanaman kangkung berkhasiat sebagai anti inflamasi, diuretik dan hemostatik (Anggara 2009).
Pengembangan usaha pertanian di lahan gambut dihadapkan pada berbagaimasalah yang berkenaan dengan pengelolaan air dan kesuburan tanah (sifat fisik, kimia, biologi tanah).Pengelolaan air merupakan hal yang penting dalam pengembangan lahan gambut.Pengelolaan air dihadapkan pada dua permasalahan, yaitu ketepatan drainase dan upaya mempertahankan muka air tanah.Muka air tanah harus dipertahankan minimal di atas lapisan pirit, karena kondisi tergenang pirit relatif stabil dan tidak membahayakan. Dengan adanya pengaturan dan penggantian air secara berkala maka kadar asam organik dapat diturunkan yang mengakibatkan peningkatan pH tanah dan meningkatkan hasil tanaman(Agus 2008).













C.Alat dan Bahan
1.         Alat
1)      cethok
2)      cangkul
3)      ajir
4)      gembor
5)      alat tulis
6)      kertas
7)      rafia
8)      pathok
2.         Bahan
1)      Biji mentimun
2)      Biji kangkung
3)      Biji kacang panjang
4)      Biji sawi hijau
5)      Pupuk kandang
6)      Pupuk NPK
D. Cara Kerja

1)      Bersihkan lahan dari gulma.
2)      Olah tanah dengan menambahkan pupuk organik dan campurkan menggunakan cangkul serta buat guludan.
3)      Pasang ajir pada guludan, kemudian membuat lubang tanam di masing-masing ajir.
4)      Masukkan 2 benih tanaman ke dalam lubang tanam, kemudian tutup dengan tanah.
5)      Beri pupuk NPK disetiap tempat yang ditanami.
6)      Rawat dan amati perkembangan tanaman hingga panen dengan menyirami, menyiangi dan memantau perkembangan hama, gulma dan penyakit yang berpotensi merusak untuk segera dikendalikan.
7)      Rambatkan dan ikat tanaman ke ajir jika tanaman sudah mulai tumbuh besar.
  E . Hasil dan Pembahasan
1. Hasil Pengamatan.
Tabel 3.1 Kondisi Tanaman
Kelompok
Komoditas
Daun
Batang
Berat
Harga
6
Kangkung
Berlubang
Normal
2,6 kg
3000
7
Kcang Panjang
Sedikit berlubang
Normal
-
-
8
Sawi Hijau
Berlubang
Normal
0,75 kg
3000
9
Mentimun
Berlubang
Normal
-
-
10
Kangkung
Berlubang
Normal
2,8 kg
3000
Sumber: Data rekapan
2. Pembahasan.       
Kangkung selain memiliki fungsi sebagai sayuran, kangkung juga dikenal sebagai tanaman penawar racun didalam tubuh. Selain rasanya yang nikmat, kangkung juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kangkung yang mengandung vitamin A, B dan C serta bahan mineral terutama zat besi yang berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Untuk tanaman kangkung untuk sekarang ini terdapat 2 macam jenis kangkung, yaitu kangkung darat (Ipomoea Reptans) dan kangkung air (Ipomoea Aquatica). Perbedaan yang mencolok dari dua jenis kangkung ini adalah pada bentuk daun dan warna bunganya.
penanaman kangkung ini tergolong mudah dibandingkan dengan tanaman sayur yang lainnya. Selain karena sayuran ini bersiklus panen cepat dan relatif tahan hama, Tanaman ini juga dapat tumbuh pada daerah yang beriklim panas maupun dingin namun pada umumnya daerah yang memiliki curah serta sinar matahari yang cukup.
Tanaman semusim adalah tanaman yang dapat dipanen hanya sekali dalam satu musim tanam,contohnya adalah kangkung .Kangkung merupakan salah satu tanaman semusim yang sering ditanam di Indonesia, Kangkung disebut juga Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach. Berasal dari India yang kemudian menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara Afrika.Selain kandungan gizi dan protein yang tinggi yang terdapat di dalamnya,kangkung juga mudah ditanam karena tanaman ini mempunyai daya adaptasi yang baik terhadap lingkungannya,harganya pun murah sehingga banyak disukai masyarakat.Tanaman ini cepat tumbuh,dan berumur pendek,kangkung dapat dipanen ketika berumur 3-4 minggu.

Praktikum budidaya tanaman ini kelompok 6 menggunakan bahan yaitu tanaman kangkung. Dengan Berat tanaman kangkung yang telah dipanen dan ditimbang hasilnya 2,6 kg.  Berat tanaman kangkung yang telah dipanen dan ditimbang hasilnya 2,6 kg. Setelah itu tanaman kangkung dijual dengan total harga 3000 rupiah.




















F. Kesimpulan
          Berdasarkan pembahasan acara I Ekstraksi Benih dapat disimpulkan antara lain:
1.     Tanaman kangkung (Ipomea reptana) dapat hidup pada kondisi dua ekologi (habitat), yaitu habitat alami kangkung air adalah di perairan.
2.    Tanaman kangkung dapat tumbuh dengan baik sepanjang tahun.
3.      Berat tanaman kangkung yang telah dipanen dan ditimbang hasilnya 2,6 kg.
4.    Kangkung yang dipanen dijual dengan harga 3000 rupiah.
5.    Berat tanaman kangkung yang telah dipanen dan ditimbang hasilnya 2,6 kg. 




DAFTAR PUSTAKA
Adityaperdana, Dimas. 2009. Syarat Tumbuh Tanaman Kangkung (http://www.dimasadityaperdana.blogspot.com). Diakses pada tanggal 05 Juni 2013 pukul 12.23 WIB.
Agus, Fahmuddin. 2008. Lahan Gambut Potensi Untuk Pertanian dan Aspek Lingkungan. BPT. Bogor.
Anggara, R., 2009. Pengaruh Ekstrak Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir.) terhadap Efek Sedasi pada Mencit BALB/C. Agronomi 2(4):21-29.
Djuariah, D. 2007. Evaluasi Plasma Nutfah Kangkung Di Dataran Medium Rancaekek. Jurnal Hortikultura 7(3):756-762.
Maria, G.M. 2009. Respon Produksi Tanaman Kangkung Darat (Ipomea reptans Poir) Terhadap Variasi Waktu Pemberian Pupuk Kotoran Ayam. Jurnal Ilmu Tanah 7(1) : 18-22.

4 komentar:

  1. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    BalasHapus
  2. ChampiionQQ merupakan Situs Judi Poker Pkv yang sangat di gemari oleh para pencinta judi online. karena di ChampiionQQ anda bisa merasakan permainan yang benar benar murni fair play. ChampiionQQmenjamin kemurnian akan permainan yang telah di sediakan. Jika di temukan ada nya robot uang kembali 100%. DAFTAR SEKARANG !!! rasakan jackpot ratusan juta menjadi milik anda.


    Telah hadir situs judi online terpercaya dengan winrate kemenangan diatas 99%.
    Tingkat persentase kemenangan di permainan masing-masing :
    - POKER 96%
    - DOMINOQQ 99%
    - BANDARQ 92%
    - SAKONG 88%
    - CAPSA SUSUN 84%
    - ADUQ 89%
    - BANDAR66 80%
    - PERANG BACARRAT 81%
    - BANDAR POKER 80%
    KLIK DAFTAR SEKARANG !!!
    Buruan daftar segera disitus terpercaya ini, dijamin mudah menang dan pelayanan menarik selama 24 jam online setiap hari dari cs cantiknya pasti :)



    Ayo buruan klik link dibawah ini untuk bergabung :)


    KLIK DAFTAR SEKARANG !!!

    BalasHapus
  3. Hai bosku......
    binggung cari situs judi online langsung gabung aja di situs kami : Deposit Via Pulsa
    EBOBET situs Master Agen Bola88, IDN Poker, Agen Slot, IDN live casino online terpercaya dan terbaik Asia

    Berikut keuntungan bergabung dengan Ebobet :
    - Bonus Member Baru Bola 100%
    - Bonus Member Baru slot 100%
    - Bonus Member Baru 20%
    - Bonus Deposit Harian 10 %
    - Bonus mingguan Live Casino & Slots 0,8% s/d 1 %
    - Bonus Cashback Bola 5% s/d 10 %


    -Minimal Deposit Rp . 10.000
    -Minimal Withdraw Rp. 20.000
    Hai bosku......
    binggung cari situs judi online langsung gabung aja di situs kami : Deposit Via Pulsa
    EBOBET situs Master Agen Bola88, IDN Poker, Agen Slot, IDN live casino online terpercaya dan terbaik Asia

    Berikut keuntungan bergabung dengan Ebobet :
    - Bonus Member Baru Bola 100%
    - Bonus Member Baru slot 100%
    - Bonus Member Baru 20%
    - Bonus Deposit Harian 10 %
    - Bonus mingguan Live Casino & Slots 0,8% s/d 1 %
    - Bonus Cashback Bola 5% s/d 10 %


    -Minimal Deposit Rp . 10.000
    -Minimal Withdraw Rp. 20.000

    BalasHapus
  4. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih

    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.

    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan

    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.

    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel

    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.

    - Low Maintance

    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.

    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya

    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami di : Telp/WA 081112520824 ATAU 081807000899 RAHMA

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    Twitter : @TangerangRoder

    Instagram : @tendapameranjakarta

    Instagram : @tendagudangjakarta

    SHOPEE : @https:tendarodertangerang

    TOKOPEDIA :@partisipameran23



    jual tenda roder transparan | jual tenda roder surabaya | jual beli tenda roder | harga sewa tenda roder jakarta | harga tenda roder per meter | harga sewa tenda roder per meter | harga tenda roder transparan | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder tangerang selatan | sewa tenda roder surabaya | sewa tenda roder bandung | sewa tenda roder transparan | sewa tenda roder medan | sewa tenda roder semarang | sewa tenda roder tangerang | sewa tenda roder jogja | sewa tenda roder bogor | sewa tenda roder jakarta | sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder banjarmasin | sewa tenda roder balikpapan | harga sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder di bali | sewa tenda roder indonesia com | sewa tenda roder di semarang | harga sewa tenda roder | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder surabaya | harga sewa tenda roder tangerang selatan | harga sewa tenda roder jakarta | jasa sewa tenda roder | sewa tenda roder karawang | sewa tenda roder murah | sewa tenda roder pekanbaru | harga sewa tenda roder per meter | sewa tenda roder untuk pernikahan | sewa tenda roder vip

    BalasHapus